Anda belum login :: 06 Jun 2025 11:39 WIB
Detail
BukuPenerapan Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar pada Siswa Kelas 3 SD Aren Jaya XVII Bekasi Timur
Bibliografi
Author: MANDASARI, EVI ; Anugraheni, Indri (Advisor)
Topik: Mind Map; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Evi Mandasari’s Undergraduate Theses.pdf (635.89KB; 1 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-353
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Mind Map adalah suatu penarikan kesimpulan untuk menghubungkan konsep yang dituangkan secara langsung di atas kertas dengan menggunakan warna yang menarik dan mudah dimengerti oleh pembuatnya.. Pembelajaran dalam menggunakan mind map dapat mengubah pemikiran siswa terhadap pembelajaran Matematika yang sebelumnya dianggap sulit, karena pembelajaran dengan menggunakan mind map membuat pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. Hasil belajar adalah penliaian hasil pekerjaan siswa mencakup segala hal yang dipelajari di sekolah dengan mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan guru sebelumnya.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terhadap hasil belajar pada metode pembelajaran Matematika kelas 3 SD Aren Jaya XVII Bekasi Timur. Metode pembelajaran yang disajikan guru tidak dapat menarik perhatian siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah dan tidak tuntas. Oleh karena itu, penulis berupaya menggunakan mind map yang manarik dan menyenangkan.Jenis penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali dan pada siklus II dilaksanakan sebanyak 1 kali. Penerapan mind map pada siklus I dilakukan secara berkelompok, hal ini dimaksudkan untuk perkenalan kepada siswa tentang mind map. Sedangkan pada siklus II penerapan mind map dilakukan secara individual, hal ini dimaksudkan untuk melatih siswa membuat konsep mind map sendiri. Subyek penelitian 43 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 29 orang dan siswa perempuan sebanyak 14 orang. Penelitian tersebut dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 antara bulan Desember sampai bulan Juni. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan mind mapdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan oleh adanya peningkatan hasil belajar siswa pada hasil pretes dan hasil postes siklus I sebesar 35,12. Pada hasil pretes dan hasil postes siklus II sebesar 37,21. Perbandingan hasil postes siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan, jika pada nilai rata-rata postes siklus I sebesar 77,67 maka pada postes siklus II sebesar 80,69. Karena embelajaran dengan menggunakan mind mapdapat meningkatkan hasil belajar siswa, guru diharapkan dapat menggunakan mind mapdalam setiap pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)