Pengembangan model adalah suatu proses kegiatan menambah atau memperbaiki atau meningkatkan kualitas penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran dibuat dengan kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu, dengan mengelola pembelajaran yang mengintegrasikan materi dari beberapa mata pelajaran dalam satu topik pembicaraan yang disebut tema. Salah satu subtema pada kelas 3 SD yang ada dalam kurikulum 2013 adalah perkembangbiakan dan daur hidup hewan. Pada praktik pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan masih terdapat kesenjangan antara praktik pembelajaran tematik di sekolah dengan prinsip pembelajaran tematik. Melalui analisis kebutuhan, segala kebutuhan yang diperlukan pada subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan ada akan dianalisis melalui identifikasi kebutuhan instruksional, analisis instruskional, identifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik, dan menulis tujuan instruksional khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran perkembangbiakan dan daur hidup hewan untuk kelas 3 sekolah dasar. Subjek penelitian adalah guru kelas 3 SD yang berjumlah 6 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Hasil wawancara dianalisis, diklasifikasikan, dan diintrepetasikan. Hasil analisis disajikan dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil penelitian; 1. Pada pembelajaran tematik khususnya subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan masih terdapat kesenjangan antara praktik pembelajaran tematik di sekolah dengan prinsip pembelajaran tematik. 2. Pemetaan kompetensi dibutuhkan untuk melihat hubungan kompetensi inti, subkompetensi, kompetensi dasar dan indikator sehingga guru dapat memahami keterkaitan antar mata pelajaran dalam pembelajaran tematik khususnya subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan 3. Bahan ajar subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan masih perlu dikembangkan agar menjadi bahan ajar yang yang menyenangkan (joyful learning); menyuguhkan pengetahuan yang holistik (tematik); dan memberikan pengalaman langung (direct experiences). 4. Media pembelajaran untuk pembelajaran tematik subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan masih membutuhkan pengembangan media yang lebih inovatif dan kreatif. 5. Penilaian pembelajaran subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan masih sangat perlu diadakan pengembangan karena masih membutuhkan penilaian yang mencakup 3 ranah yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar setiap guru lebih memperhatikan peta kompetensi sebelum melaksanakan pembelajaran, serta kepada pengembang kurikulum disarankan lebih memperhatikan peta kompetensi pada pembelajaran tematik agar lebih memahami kebutuhan pembelajaran. |