Anda belum login :: 01 May 2025 16:17 WIB
Detail
BukuPeningkatan Kemampuan Analisis Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Mindmap Pada Matapelajaran IPS Kelas VA Di SDN 02 Pagi Munjul Jakarta Timur
Bibliografi
Author: KURNIAWATI, BERNADETA TRI ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Kemampuan Analisis; Pembelajaran Mindmap; Siswa Kelas V SD; Pelajaran IPS.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Bernadeta Tri Kurniawati’s Undergraduate Theses.pdf (8.58MB; 6 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-340
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan analisis adalah kemampuan siswa untuk menyederhanakan atau memisahkan suatu hal ke dalam bagian-bagiannya dan dapat mencari keterkaitan antar bagian-bagian tersebut. Kemampuan ini perlu dikembangkan salah satunya dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas yang membuat siswa mampu menyederhanakan suatu materi pembelajaran agar menjadi lebih mudah dipelajari dan diingat, salah satunya dengan penerapan metode pembelajaran mindmap. Penerapan metode pembelajaran mindmap adalah penerapan metode pembelajaran yang berupa pembuatan catatan kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran sehingga memudahkan siswa untuk mengingat. Dan kelas V merupakan kelas yang merupakan jenjang yang memiliki materi pembelajaran yang cukup rumit, siswa kelas kelas V merupakan siswa berusia 10-11 tahun yang tergolong usia sudah mulai memiliki kemampuan memahami arti kata waktu dan keinginan mencapai sesuatu sesuai dengan waktunya. IPS merupakan pembelajaran yang menyajikan materi yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep , dan generalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis siswa kelas VA di SDN 02 Pagi Munjul Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara , hasil dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian : 1. Terjadi peningkatan kemampuan analisis siswa dengan melaksanakan 3 proses kognitif analisis yaitu siswa dapat membedakan, siswa dapat mengorganisir, dan siswa dapat menemukan pesan tersirat yang terdapat dalam soal test 2. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil kerja post tes pada siklus I dan siklus II dari 58,50 menjadi 65,85. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya penerapan pembelajaran Mindmap di setiap kegiatan belajar, hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kebosanan siswa saat mengikuti pembelajaran. Dengan penggunaan mindmap pada beberapa mata pelajaran yang dianggap banyak memiliki bacaan atau hafalan atau konsep dan lain sebagainya agar terbentuk pembelajaran yang kondusif dimana walaupun materinya banyak tidak memakai waktu yang lama untuk dijelaskan kepada siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)