Anda belum login :: 16 Apr 2025 20:33 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS KELAS III SDN Karet Kuningan 01 Pagi Jakarta Selatan
Bibliografi
Author:
APRIANI, ANNISA
;
Stevanus, Ivan
(Advisor)
Topik:
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
;
Hasil Belajar
;
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Annisa Apriani’s Undergraduate Theses.pdf
(4.3MB;
5 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-335
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan model pembelajaran kelompok yang terdiri dari 5-6 orang dengan memperhatikan keheterogenan, bekerja sama dan setiap anggota kelompok ahli berdiskusi dan bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok asal yang lain. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia mengalami proses dan aktivitas belajarnya pada mata pelajaran IPS materi semangat kerja dan jual beli, hasil belajarnya yaitu hasil belajar kognitif. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah ilmu yang mempelajari interaksi sosial yang berhubungan dengan masyarakat, baik itu di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah yang meliputi kegiatan semangat kerja dan jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN Karet Kuningan 01 Pagi Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dua siklus ini yang membedakan adalah materinya. Teknik pengumpulan data ada dua ; yang pertama teknik analisis data kualitatif mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diperoleh dari hasil observasi yang dianalisis secara deskriptif serta foto dokumentasi sebagai sarana pendukung dan yang kedua teknik analisis data kuantitatif mengacu pada pengolahan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil pretes dan postes. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS membuat suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dan siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini sangat membutuhkan pendampingan dari guru saat siswa melakukan diskusi dalam kelompok asal dan kelompok ahli. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata dari postes siklus pertama sebesar 76,37 dan pada siklus kedua nilai rata-rata postes menjadi 81,05. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diterapkan pada setiap siklus membantu siswa untuk saling bekerja sama dalam kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat memberikan bimbingan dan pendampingan dalam setiap kegiatan kelompok asal dan kelompok ahli. Hal ini akan mempermudah siswa dalam memahami materi karena siswa dapat belajar bersama dengan teman sebayanya dalam kelompok asal maupun kelompok ahli.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)