Anda belum login :: 14 May 2025 17:45 WIB
Detail
BukuPenerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa KELAS IV A SDN Palmerah 22 Pagi
Bibliografi
Author: [s.n]
Topik: Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar; IPA
Bahasa: (ID )    
Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-333
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang bersifat ilmiah. Dimana siswa diajak berfikir secara kitis dan sistematis serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran secara aktif. dengan menekankan lima komponen, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pembelajaran. Pendekatan saintifik adalah pendekatan ilmiah yang melibatkan siswa dalam seluruh komponen pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar yang tinggi. Dalam penelitian ini, hasil belajar yang ingin diperoleh adalah hasil belajar kognitif dari pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV A SDN Palmerah 22 Pagi. Subjek penelitian ini adalah peneliti, observer dan siswa kelas IV A SDN Palmerah 22 Pagi yang berjumlah 34 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dianalisis dengan menilai dan mencari rata-rata untuk melihat peningkatan hasil belajar. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian : 1. Penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV A SDN Palmerah 22 Pagi. Berdasarkan hasil postes yang dilaksanakan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 74,82 dan postes pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,48. Maka terjadi peningkatan hasil belar sebesar 4,66. 2. Penerapan pendekatan saintifik meningkatkan keaktifan siswa apabila guru merancang kegiatan belajar yang aktif, merangsang kreativitas dan memberi kesempatan pada siswa untuk berinovasi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru untuk melatih kemampuan mengajar dalam menerapkan lima komponen pendekatan saintifik. Hal sangat memerlukan perhatian guru adalah pemilihan kegiatan yang sesuai dengan komponen-komponen pendekatan saintifik. Selain itu juga perlu bagi sekolah untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran baik dari segi fasilitas dan penyelanggaraan pelatihan bagi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik. Bagi peneliti lain lebih melatih diri dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik terutama pada komponen menanya diharapkan lebih kreatif memilih kegiatan untuk membangkita minat bertanya siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)