Anda belum login :: 08 Jun 2025 00:38 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pembagian Di KELAS IIC SDN Kartika Sejahtera 01 Bogor
Bibliografi
Author: ERIYANTI ; Anugraheni, Indri (Advisor)
Topik: Media Dakon; Kemampuan Menghitung; Pembagian.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-329
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran Matematika di SD merupakan salah satu pembelajaran yang penting bagi siswa karena pada tahap inilah siswa mendapatkan pembelajaran yang bersifat dasar untuk melanjutkan pembelajaran lainnya yang tingkatnya lebih tinggi. Akan tetapi, berdasarkan karakteristik Matematika yang merupakan ilmu deduktif dan bersifat abstrak seringkali siswa memiliki kesulitan dalam memahami pembelajaran Matematika tersebut. Media media pembelajaran yang terdiri dari 20 lubang yang besarnya sama (10 lubang di sisi kanan dan 10 lubang di sisi kiri) yang dibentuk menyerupai bentuk segitiga dan menggunakan manikmanik sebagai bijinya yang digunakan siswa untuk mempelajari materi pembagian. Kemampuan menghitung adalah kesanggupan, kecakapan yang dimiliki seseorang untuk melakukan beragam tugas dalam pekerjaan mencari jumlah dan membilang. Pembagian adalah pengambilan berulang sampai habis dengan setiap kali pengambilan dibagi rata ke semua kelompok. Pada penelitian ini difokuskan pada pembagian bilangan 1-40. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media dakon untuk meningkatkan kemampuan menghitung pembagian pada siswa kelas IIC SDN Kartika Sejahtera 01 Bogor serta untuk meningkatkan kemampuan menghitung pembagian siswa dengan menggunakan media dakon. Penelitian dilaksanakan di kelas IIC SDN Kartika Sejahtera 01 yang berlokasi di Jl. Perum Kartika Sejahtera INKOPAD Desa Sasakpanjang, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor. Jumlah siswa di kelas ini sebanyak 37 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus sebanyak 1× pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media dakon sangat cocok untuk kelompok kecil/perorangan, mampu memberikan pengalaman dan pembelajaran yang konkret bagi siswa, mampu memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk siswa dan mampu memudahkan siswa dalam menjawab soal-soal yang berkaitan dengan pembagian sehingga mampu meningkatkan kemampuan menghitung siswa dalam pembagian. Analisis data kemampuan menghitung yang dilakukan ialah dengan membandingkan rata-rata pretes dan postes siklus I, rata-rata pretes dan postes siklus II dan rata-rata postes siklus I dan II. Hasil rata-rata pretes siklus I sebesar 44.44 dan postes siklus I sebesar 59.19 sehingga dapat diketahui mengalami peningkatan sebesar 14.75. Hasil rata-rata pretes siklus II sebesar 57.03 dan postes siklus II sebesar 76.49 sehingga dapat diketahui mengalami peningkatan sebesar 19.46. Hasil rata-rata postes siklus I sebesar 59.19 dan postes siklus II sebesar 76.49 sehingga dapat diketahui mengalami peningkatan sebesar 17.3. Berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan media dakon dapat meningkatkan kemampuan menghitung pembagian di kelas IIC SDN Kartika Sejahtera 01 Bogor. Penggunaan media pembelajaran dapat digunakan guru dalam setiap kegiatan pembelajaran salah satunya yakni menggunakan media dakon pada materi pembagian agar siswa lebih tertarik dan memahami materi yang diajarkan dengan mudah dan baik. Penggunaan media dakon dapat meningkatkan kemampuan menghitung pembagian bagi siswa sehingga disarankan para guru mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan isi materi pembelajaran agar siswa mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)