Anda belum login :: 24 Jul 2025 07:26 WIB
Detail
BukuUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Permainan Pada Siswa Kelas IV Di SD TARSISIUS II
Bibliografi
Author: Gita, Maria Francisca Ina ; Pramudita, Wahyu (Advisor)
Topik: Pembelajaran IPS; Metode Permainan dan Hasil Belajar IPS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2016    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Fransisca Ina Gita's Undergraduate Theses.pdf (16.96MB; 16 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-326
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran IPS merupakan bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan. Pembelajaran IPS di tingkat Sekolah Dasar memiliki peran dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan sosial yang dimiliki oleh siswa. Namun dalam pelaksanaannya hasil pembelajaran IPS di Sekolah Dasar masih tergolong sangat rendah. Seperti hasil yang diperoleh dari SD Tarsisius II sebelum menerapkan metode permainan nilai rata- rata yang diperoleh hanya sebesar 70 dan masih berada di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 75. Sehingga dari permasalahan di atas diperlukan cara yang dapat meningkat hasil belajar siswa. Cara yang akan digunakan yaitu dengan menerapkan metode permainan pada pembelajaran IPS. Metode permainan dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan metode permainan merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan merupakan cara atau alat pendidikan yang bersifat mendidik. Berdasarkan hal tersebut metode permainan digunakan dalam proses pembelajaran IPS agar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPS menjadi lebih nyaman dan tidak jenuh. Sehingga juga melalui kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode permainan hasil belajar siswa dapat meningkat. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan metode permainan menunjukan bahwa metode permainan dapat memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari meningkatnya hasil belajar pada siklus I dan siklus II, yaitu pada siklus I nilai yang diperoleh siswa sebesar 79 dan pada siklus II siswa memperoleh hasil sebesar 85. Dari hal tersebut siswa mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 6 angka. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan telah dibuat oleh peneliti, peneliti menyarankan sebaiknya pada proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti menggunakan metode permainan dalam pembelajaran sehingga siswa merasa tertarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)