Bahan ajar dalam proses pembelajaran harus terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan 1) untuk menghasilkan bahan ajar pada pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPA dan Matematika, yang memfasilitasi pencapaian kemampuan berfikir kritis dalam menyelesaikan suatu masalah dan membuat suatu produk sebagai kegiatan akhir proses pembelajaran; 2) mengetahui kualitas bahan ajar; 3) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar dan pembelajaran yang digunakan. Prosedur pengembangan mengadaptasi dari model penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang dikembangakan oleh Bergman & Moore (1990) yang meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap produksi, tahap penggabungan dan tahap validasi. Bahan Ajar Pada Pembelajaran Berbasis Proyek dikembangkan dengan memuat enam tahap pembelajaran berbasis proyek yaitu: pada tahap pertama orientasi siswa pada suatu permasalahan, tahap kedua siswa membuat perencanaan langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah yang menghasilkan proyek, tahap ketiga siswa menyusun jadwal dalam melaksanakan proyek, tahap keempat siswa mendapatkan bimbingan dan fasilitas dari guru dalam menyelesaikan proyek, tahap kelima siswa menyusun sebuah laporan dan mempresentasikan atau mempublikasikan hasil proyek, dan tahap terakhir adalah evaluasi proses dan hasil akhir proyek. Pada pembelajaran berbasis proyek mengintegrasikan dua mata pelajaran, sehingga dalam penelitian ini peneliti memilih pelajaran IPA dan Matematika. IPA merupakan suatu pelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis melalui suatu proses penemuan dan Matematika adalah pelajaran atau disiplin ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan. Dan pada bahan ajar ini ditargetkan dan diperuntukan untuk siswa kelas IV SD. Produk ini telah beberapa kali melalui tahap revisi berdasarkan saran dan masukan dari dosen pembimbing, uji coba ahli materi IPA, uji coba materi Matematika, uji coba ahli grafis, dan uji coba terbatas guru dan siswa. Hasil dari penelitian pengembangan yakni 1) telah dikembangkan bahan ajar pada pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran ipa dan matematika kelas IV SD; 2) kualitas bahan ajar berbasis proyek mata pelajaran ipa dan matematika berdasarkan penilaian uji coba ahli IPA dan Matematika, uji coba grafis, dan uji coba guru dan siswa tergolong dalam kategori baik dengan persentase guru 81.2% dan persentase siswa 78.6%. Siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis proyek memiliki kemampuan berfikir secara kritis dalam menyelesaikan masalah dan kreatif dalam membuat produk sebagai hasil dari penyelesaian masalah; 3) respon siswa terhadap bahan ajar berbasis proyek tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru bisa menciptakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran khusunya pada bahan ajar berbasis proyek. |