Potensi pasar bisnis yang besar di bidang pembangunan membuat persaingan semakin meningkat sehingga memunculkan banyak pesaing baru khususnya dalam jasa arsitek. Para pelaku bisnis jasa arsitek ditantang untuk menciptakan suatu diferensiasi, positioning, dan strategi yang jelas sehingga konsumen dapat membedakan dengan para pesaingnya. Archiness adalah sebuah perusahaan pendatang baru yang muncul pada tahun 2012. Archiness menggunakan strategi yang disebut service quality untuk dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 klien sebagai responden di wilayah JABODETABEK pada tanggal 15 Oktober 2015 sampai 25 Oktober 2015. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam menganalisis data, digunakan uji reliabilitas, validitas, mean score, overall mean score, uji asumsi klasik & uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terjadi pengaruh antara tangible, reliability, responsiveness, empathy, dan assurance terhadap customer satisfaction. Secara parsial terdapat pengaruh reliability, responsiveness dan assurance terhadap customer satisfaction. |