Anda belum login :: 14 Jun 2025 16:31 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Strategi E2E (END TO END) Corporate Social Responsibility Di PT. Philips Indonesia Commercial
Bibliografi
Author:
WIRAWAN, JESSICA
;
Sijabat, Rosdiana
(Advisor)
Topik:
CSR
;
Strategi
;
Motivasi
;
Perencanaan
;
Implementasi
;
Evaluasi.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Jessica Wirawan's Undergraduate Theses.pdf
(630.37KB;
35 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1880
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Corporate Social Responsibility menurut WBCD (2005) adalah komitmen berkesinambungan dari pelaku bisnis untuk berperilaku etis dan memberi kontribusi bagi pembangunan ekonomi, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, serta komunitas lokal dan masyarakat luas pada umumnya. PT. Philips Indonesia Commercial merupakan salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia yang berasal dari Belanda. Perusahaan multinasional yang sudah ternama seperti PT. Philips Indonesia Commercial juga melakukan kegiatan CSR dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perbaikan lingkungan hidup. Penelitian ini mengkaji strategi E2E CSR PT. Philips Indonesia Commercial yang mencakup motivasi, perencanaan, implementasi dan evaluasi dengan menggunakan teori tahapan kegiatan CSR dari Wibisono (2007). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer didapatkan melalui wawancara mendalam yang dilakukan dengan tiga orang nara sumber dari PT. Philips Indonesia Commercial yang dipilih secara purposive. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen terkait yang berasal dari PT. Philips maupun sumber lainnya. Data primer dan sekunder yang diperoleh lalu di analisis secara tematik, mulai dari motivasi pelaksanaan CSR, perencanaan, implementasi dan evaluasi dari CSR tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Philips Indonesia Commercial melakukan tahapan-tahapan program CSR secara terperinci agar kegiatan CSR dapat berhasil. Tahapan-tahapan ini dimulai dari motivasi hingga evaluasi PT. Philips Indonesia Commercial menunjukkan bahwa motivasi perusahaan dalam melakukan CSR adalah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri (internal driven). Seluruh program kegiatan CSR akan melalui proses perencanaan terlebih dahulu. Pada saat proses implementasi, PT. Phiilips Indonesia Commercial menjalankan program yang telah direncanakan pada tahap perencanaan sebelumnya. Proses implementasi ini sesuai dengan apa yang telah direncanakan agar program berjalan dengan baik dan lancar. Setelahnya akan dilakukan proses evaluasi dengan tiga bentuk dari Dale (2004), yaitu formative evaluation, summative evaluation dan empowerment evaluation. Kegiatan CSR ini dapat dikatakan berhasil jika kegiatan yang dijalankan memberikan dampak dan pengaruh positif terhadap pihak eksternal pada khususnya dan pihak internal pada umumnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)