TOKO MAWAR merupakan toko yang berfokus pada penjualan produk berbahan plastik. Toko Mawar selama 3 tahun terakhir ini mengalami masalah penurunan volume penjualan. Penelitian ini adalah tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen untuk membeli di Toko Mawar. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 105 orang pembeli Toko Mawar di Pasar Sukapura, Jakarta Utara. Waktu pelaksanaan penelitian ini yakni pada tanggal 1 April 2015 sampai 30 April 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, dapat dilihat bahwa variabel produk, variabel harga, variabel promosi, dan variabel distribusi berpengaruh terhadap variabel keputusan konsumen untuk membeli secara individual dan bersama-sama yang dapat dilihat dari uji t dan uji F. Nilai R2 yang diperoleh sebesar 37,4%, menunjukkan variabel keputusan konsumen untuk membeli dapat dijelaskan sebesar 37,4% oleh variabel produk, harga, promosi, dan distribusi sedangkan sisanya 62,6% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model. Hasil ini sudah cukup tetapi kurang kuat karena nilai R2 yang kuat adalah diatas 0,5. Dengan hasil ini dapat dinyatakan bahwa peningkatan bauran pemasaran dapat meningkatkan keputusan konsumen untuk membeli, tetapi nilai ini tidak memberikan peningkatan penjualan yang kuat untuk Toko Mawar. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan Toko Mawar. |