Rumah sakit merupakan organisasi yang bergerak di bidang jasa kesehatan. Pelayanan jasa dalam rumah sakit sangat penting, karena penyedia jasa kesehatan langsung bertatapan muka dengan setiap pasien. Pelayanan yang dirasakan oleh pasien akan menjadi sebuah pengalaman yang akan diingat dalam benak pasien. Pengalaman inilah yang akan membentuk image pasien terhadap rumah sakit. Untuk mengetahui perbandingan brand image rumah sakit di Malaysia dan di Indonesia dari sudut pandang ahli kesehatan dan pasien, penulis menggunakan metode kualitatif. Penulis mewawancari lima belas orang informan yang terdiri dari empat orang ahli kesehatan dan sebelas orang pasien. Setelah wawancara, penulis mengubah hasil wawancara ke dalam bentuk tulisan, melakukan analisa hasil wawancara dan membahas hasil analisa yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa kategori yang digunakan oleh ahli kesehatan dan pasien untuk membandingkan brand image rumah sakit di Malaysia dan di Indonesia, yaitu sudut pandang ahli kesehatan terdiri dari, kualitas dokter, komunikasi dokter, proses pelayanan, biaya pengobatan dan infrastruktur. Dari sudut pandang pasien, brand image dibagi menjadi kualitas tenaga medis, komunikasi dokter, proses pelayanan, biaya, infrastruktur, dan dampak. |