Pada masa kini, pengukuran kinerja konvensional yang hanya berdasarkan kinerja keuangan saja tidak cukup untuk mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan. Sehingga dibutuhkan pengukuran kinerja yang tidak hanya dapat mengukur kinerja keuangan perusahaan tetapi juga dapat mengukur kinerja non keuangan perusahaan. Oleh karena itu penulis mencoba menerapkan pendekatan Balanced Scorecard pada PT Gandha untuk mengukur kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa kinerja perusahaan belum optimal. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, karyawan perusahaan merasa cukup puas bekerja di PT Gandha. Pada perspektif proses bisnis internal, PT Gandha dinilai masih kurang baik dalam hal kualitas produk. Pada perspektif pelanggan, PT Gandha dinilai cukup memuaskan dalam pengukuran kepuasan pelanggan. Kemudian pada perspektif keuangan, PT Gandha mampu mencapai target laba perusahaan meskipun terdapat penurunan pada Assets Turnover. |