Anda belum login :: 28 Apr 2025 20:55 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Metode OK4R pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat bagi Siswa Kelas V SD Strada Dipamarga, Klender, Jakarta Timur
Bibliografi
Author:
YOLANDA, CATTYNIA
;
CLARA IKA SARI BUDHAYANTI
(Advisor)
Topik:
Metode OK4R
;
kemampuan menyelesaikan soal cerita
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2012035057-Cattynia Y.pdf
(11.0MB;
9 download
)
2012035057-Cattynia Y-1.pdf
(16.17MB;
4 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-322
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan menyelesaikan soal cerita merupakan suatu kemampuan yang diperlukan siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Kemampuan menyelesaikan soal cerita bermanfaat bagi siswa untuk mengaplikasikan konsep matematika dalam ilustrasi kehidupan sehari-hari yang ada dalam bentuk soal cerita. Dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa diperlukan penerapan metode yang sesuai. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah metode 0K4R (Overview, Key, Read, Recall, Reflect, Review). Penggunaan metode OK4R bertujuan agar siswa menggunakan proses menulis sebagai alat mempelajari soal cerita. Penerapan metode OK4R terbagi dalam tiga tahapan, yaitu: I) tahap prabaca, yaitu siswa membaca sekilas wacana (Overview) dalam soal cerita kemudian menyusun kata kunci (Key), 2) tahap membaca, yaitu siswa membaca wacana dalam hati (Read) dan melakukan kegiatan menceritakan kembali wacana (Recall), 3) tahap pascabaca, yaitu siswa melakukan refleksi wacana yang telah dibaca (Reflect) yang dapat dilakukan dengan dengan menuliskan informasi dan meninjau kembali (Review) dengan melakukan perhitungan untuk menyelesaikan soal cerita.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soai cerita. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menerapkan metode OK4R dalam pembelajaran matematika di kelas V dan melibatkan 26 siswa. Siklus yang dilaksanakan sebanyak dua kali. Setiap siklus menerapkan tahapan metode OK4R dalam setiap pelaksanaan pembelajaran. Pada siklus 1, pembelajaran dengan menerapkan metode OK4R untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita terkait dua operasi hitung campuran bilangan bulat, sedangkan pada siklus 2, pembelajaran dengan menerapkan metode OK4R untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita terkait tiga operasi hitung campuran bilangan bulat. Dari basil penelitian, terjadi peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dari 64 pada postes siklus 1 menjadi 70 pada postes siklus 2. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian ini juga terjadi peningkatan kemampuan numerik dari 54 menjadi 63 dan algoritma dari 56 menjadi 64. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui penerapan metode OK4R pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat bagi siswa kelas V SD Strada Dipamarga, Klender, Jakarta Timur. Oleb karena itu, guru disarankan untuk menerapkan metode OK4R dalam pembelajaran materi operasi hitung campuran bilangan bulat sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)