Anda belum login :: 06 Jun 2025 09:27 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Penerapan Metode Membaca ECOLA Untuk Siswa Kelas III A SD Strada Slamet Riyadi I
Bibliografi
Author:
MONICA, VENNA
;
Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani
(Advisor)
Topik:
Pemahaman Konsep
;
Penyelesaian Soal Cerita Matematika
;
Metode Membaca ECOLA
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2016
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2012035002-Venna M.pdf
(11.78MB;
36 download
)
2012035002-Venna M-1.pdf
(14.72MB;
11 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-316
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang menjelaskan suatu proses dari buah pemikiran seseorang untuk dijadikan landasan berpikir sehingga dapat dikembangkan dalam pemecahan masalah. Kemampuan ini penting dikembangkan karena melalui pemahaman konsep berpikir siswa mampu menggunakan pemikirannya untuk memecahkan masalah yang ada. Salah satu mata pelajaran yang berkenaan dengan pemecahan masalah adalah matematika khususnya pada penyelesaian soal cerita. Penyelesaian soal cerita adalah cara seseorang untuk memecahkan masalah yang ada pada soal cerita matematika melalui tahapan-tahapan. Siswa diharapkan menyelesaikan soal cerita melalui tahapan yang sesuai dengan pemahaman konsep dalam pemikirannya sehingga siswa memiliki cara yang tepat untuk memecahkan masalah yang ada. Salah satu metode yang dapat membantu siswa menyelesaikan soal cerita matematika melalui tahapan-tahapan dan pemahaman konsep berpikir siswa yaitu metode membaca pemahaman ECOLA. Metode membaca ECOLA adalah metode membaca pemahaman yang bertujuannya untuk membangun pola membaca dan memonitor interpretasi yang dihasilkannya melalui tahapan membaca. Metode membaca ECOLA memiliki tiga tahapan membaca yaitu tahap prabaca (menyunting tujuan komunikatif); tahap membaca (membaca dalam hati, kristalisasi pemahaman melalui kegiatan menulis dan mendiskusikan materi bacaan); dan tahap pascabaca (menuliskan hasil interpretasi). Tahapan pada metode membaca ECOLA dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman bacaan, serta pemahaman konsep berpikir siswa dalam menemukan pemecahan masalah yang ada dalam soal cerita matematika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal cerita melalui penerapan metode membaca ECOLA serta mendeskripsikan upaya meningkatkan pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui penerapan metode membaca ECOLA untuk siswa kelas III A SD Strada Slamet Riyadi I. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan dua siklus yang masing-masing satu kali pertemuan. Penelitian ini diadakan pada bulan Juni sampai Januari 2016 dengan subjek penelitian 33 siswa kelas III A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes pemahaman konsep matematika dalam bacaan soal cerita, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan telah meningkatnya pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata postes I yaitu 56 menjadi 78 pada postes II. Rata-rata nilai indikator 3 (memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep) dari indikator pemahaman konsep mengalami peningkatan yang tertinggi, dari nilai postes I yaitu 27 menjadi 61 pada postes II. Siswa lebih memahami konsep soal cerita jika bahasa yang digunakan sesuai dengan umur perkembangannya. Siswa lebih mampu memahami bahasa dalam soal cerita melalui metode membaca ECOLA. Secara keseluruhan penerapan metode membaca ECOLA pada siklus I dan siklus II sama, hanya ada perubahan instruksi pada tahap pascabaca. Metode membaca ECOLA dapat membantu siswa menuliskan kembali teks bacaan sesuai dengan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru disarankan menerapkan metode membaca ECOLA sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)