Kualitas produk atau jasa merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya didalam pasar karena produk atau jasa yang berkualitas adalah produk atau jasa yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Dan untuk mencapai kualitas produk atau jasa yang baik, perusahaan perlu melakukan berbagai aktivitas dan mengeluarkan biaya sehubungan dengan kualitas produk atau jasa tersebut. Biaya kualitas terdiri dari empat kategori yakni biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal dengan tujuan menghasilkan produk berkualitas sesuai ekspektasi konsumen. Hasil analisis biaya kualitas dan profitabilitas pada PT Kimia Farma Tbk rata-rata penelitian data selama 5 tahun tampak biaya pencegahan yang memiliki persentase terbesar yakni rata-rata 69,78% dari total biaya kualitas. Dampak terhadap biaya kualitas lainnya adalah adanya kenaikan proporsional terhadap biaya penilaian, sedangkan biaya kegagalan internal juga mengalami kenaikan namun tidak signifikan. Dengan biaya pencegahan yang cukup besar, perusahaan dapat mengurangi biaya kegagalan eksternalnya artinya produk yang dijual dan sampai kepada konsumen sudah sesuai dengan ekspektasi pelanggan. `Margin yaitu dengan membandingkan laba bersih terhadap penjualan. Dari hasil analisa, dengan semakin baiknya kualitas produk mengakibatkan penjualan meningkat setiap tahunnya dan ikut berdampak terhadap meningkatnya profitabilitas |