Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya kepemimpinan CEO wanita yakni Karen Agustiawan dalam komunikasi organisasi di PT Pertamina serta perannya dalam membangun reputasi perusahaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; teori komunikasi, komunikasi organisasi, komunikasi internal, internal public relations, kepemimpinan, gaya kepemimpinan, masculine leadership style, feminine leadership style, androgyny leadership style, citra perusahaan, dan reputasi perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara maupun analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Karen Agustiawan mengadopsi gaya kepemimpinan feminine yang berciri ekspresif, sensitif dan mengedepankan komunikasi interpersonal. CEO wanita ini juga mendorong terbentuknya reputasi PT Pertamina dengan cara melakukan perbaikan nilai pada karyawan, menetapkan target kinerja yang tinggi, melakukan apresiasi terhadap pencapaian karyawan dan menjadi role model bagi organisasi. |