Penelitian ini menjelaskan mengenai strategi dan evaluasi komunikasi politik melalui Facebook yang dilakukan oleh Tim Sukses Youth Whiskey 84 untuk Joko Widodo untuk menjangkau pemilih pemula. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh tim sukses untuk Joko Widodo efektif dalam menarik minat pemilih pemula dengan konten yang mengandung unsur persuasif, informatif, dan edukatif. Hal ini juga mengarahkan pada sikap pemilih pemula, yaitu pemilih pemula menjadi yakin untuk memberikan hak pilih suaranya untuk Joko Widodo. Dengan adanya strategi komunikasi politik melalui media sosial, memberikan warna dan persaingan tersendiri dalam Pemilihan Presiden 2014 lalu. Peran media sosial juga menjadi salah satu alat komunikasi politik yang sangat berguna dalam menyampaikan pesan terhadap khalayak luas, salah satunya adalah pemilih pemula. Penelitian ini hanya berfokus kepada pemaparan strategi komunikasi politik melalui media sosial Facebook dan Joko Widodo secara perserorangan saja, untuk itu diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi komunikasi politik melalui media sosial lain. |