Anda belum login :: 25 Jul 2025 08:03 WIB
Detail
BukuPenerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VB SD Santa Maria Fatima
Bibliografi
Author: PRASETYANINGRUM, EMA SEKAR ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Kemampuan Membaca Pemahaman; Strategi DRTA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035035-Ema S.pdf (10.63MB; 12 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-310
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang dilakukan hati-hati dan teliti untuk memahami isi pokok bacaan atau makna dari apa yang dibaca secara tepat. Pemahaman siswa dapat diukur melalui jawaban bacaan ataupun dengan menceritakan kembali teks bacaan sesuai dengan bahasanya sendiri. Dari
situlah kemampuan membaca pemahaman seorang siswa dapat terlihat. Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) merupakan salah satu strategi yang dapat memfokuskan siswa dalam membaca teks dengan cara memprediksi gambar dan judul bacaan. Strategi DRTA ini juga merupakan strategi yang banyak melibatkan aktivitas siswa dalam memahami bacaan, sehingga dapat memfokuskan dan memotivasi keterlibatan siswa karena siswa memprediksi dan membuktikannya sendiri pada saat membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi DRTA untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Santa Maria Fatima. Subjek penelitian ini adalah peneliti, guru kelas VB dan siswa kelas VB SD Santa Maria Fatima yang berjumlah 34 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata siswa dan peningkatan terhadap nilai ketuntasan. Pada siklus I tidak ada siswa yang memperoleh nilai ketuntasan, sedangkan pada siklus II ada 13 siswa yang memperoleh nilai ketuntasan. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar guru dapat menerapkan strategi DRTA pada mata pelajaran lainnya, sedangkan bagi kepala sekolah disarankan dapat memberikan kesempatan dan motivasi kepada guru-guru dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)