Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang terdapat dalam kukikulum 2013, yang menggunakan lima tahapan, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Tema selalu berhemat energi adalah tema yang membahas mengenai macam dan pemanfaatan sumber energi secara tidak boros dalam menggunakan sumber daya untuk melakukan berbagai kegiatan dan kerja. Subjek penelitian ini adalah guru, dibantu seorang observer serta seluruh siswa kelas IV C yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian mengenai deskripsi situasi atau kejadiankejadian.
Penelitian ini menggunakan dua kali pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada tema selalu berhemat energi di kelas IV SD Strada Bina Mulia I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian sikap melalui observasi, dokumentasi, tes, dan penilaian unjuk kerja. Pelaksanaan pembelajaran pertemuan I dan pembelajaran pertemuan II menggunakan seluruh tahapan dalam pendekatan saintifik, seperti tahap mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Pada tahap mengamati, kegiatan yang dilakukan adalah mengamati video dan gambar. Pada tahap menanya, siswa membuat pertanyaan dengan idenya sendiri. Pada tahap mencoba, siswa dibentuk menjadi kelompok kerja dan membuat sebuah produk. Pada tahap menalar, siswa mengerjakan lembar kerja yang berisi pertanyaan dari siswa lainnya dan pada tahap mengkomunikasikan, seluruh kelompok mempresentasikan produk serta hasil diskusi. Seluruh kegiatan di atas dilaksanakan sesuai rencana pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan membandingkan hasil belajar siswa lalu mendeskripsikannya. Hasil belajar yang diperoleh dari pembelajaran pertemuan I dan pembelajaran pertemuan II adalah ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh berdasarkan hasil pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes pembelajaran pertemuan I adalah 79 dan postes 81 dan pretes pembelajaran pertemuan II adalah 54 dan postes 68. Hasil belajar ranah afektif diperoleh melalui observasi proses pembelajaran kelompok. Pada ranah afektifif ini, pembelajaran pertemuan I dan II memiliki tiga kriteria yang sama, yaitu kerja sama, ingin tahu, saling menghargai. Nilai rata-rata ketiga kriteria tersebut pada pembelajaran pertemuan I adalah 69,2 dan pembelajaran pertemuan II adalah 90. Hasil belajar ranah psikomotor diperoleh dari produk buatan kelompok, dan nilai rata-rata pada pembelajaran pertemuan I adalah 67,8 dan pembelajaran pertemuan adalah II 77,5. Dengan demikian, guru dapat menerapkan seluruh tahapan pendekatan saintifik dalam setiap pembelajaran di kelas IV SD Strada Bina Mulia I agar hasil belajar siswa baik ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dapat meningkat. |