Anda belum login :: 16 Apr 2025 10:39 WIB
Detail
BukuPenerapan Pendekatan Saintifik pada Tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV SD Strada Bina Mulia I
Bibliografi
Author: CELINI, FANI ; Kurnia, Inggridwati (Advisor)
Topik: Pendekatan saintifik; tema selalu berhemat energi
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035045-Fani C.pdf (18.7MB; 12 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-309
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pendekatan saintifik adalah pendekatan pembelajaran yang terdapat dalam
kukikulum 2013, yang menggunakan lima tahapan, yaitu mengamati, menanya,
mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Tema selalu berhemat energi adalah
tema yang membahas mengenai macam dan pemanfaatan sumber energi secara
tidak boros dalam menggunakan sumber daya untuk melakukan berbagai kegiatan
dan kerja.
Subjek penelitian ini adalah guru, dibantu seorang observer serta seluruh
siswa kelas IV C yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif, yaitu penelitian mengenai deskripsi situasi atau kejadiankejadian.

Penelitian ini menggunakan dua kali pertemuan. Tujuan penelitian ini
adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik pada tema selalu
berhemat energi di kelas IV SD Strada Bina Mulia I. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah penilaian sikap melalui observasi, dokumentasi, tes, dan
penilaian unjuk kerja.
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan I dan pembelajaran pertemuan II
menggunakan seluruh tahapan dalam pendekatan saintifik, seperti tahap
mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Pada tahap
mengamati, kegiatan yang dilakukan adalah mengamati video dan gambar. Pada
tahap menanya, siswa membuat pertanyaan dengan idenya sendiri. Pada tahap
mencoba, siswa dibentuk menjadi kelompok kerja dan membuat sebuah produk.
Pada tahap menalar, siswa mengerjakan lembar kerja yang berisi pertanyaan dari
siswa lainnya dan pada tahap mengkomunikasikan, seluruh kelompok mempresentasikan produk serta hasil diskusi. Seluruh kegiatan di atas
dilaksanakan sesuai rencana pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan membandingkan hasil
belajar siswa lalu mendeskripsikannya. Hasil belajar yang diperoleh dari
pembelajaran pertemuan I dan pembelajaran pertemuan II adalah ranah kognitif,
afektif dan psikomotor siswa. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh berdasarkan
hasil pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes pembelajaran pertemuan I adalah 79
dan postes 81 dan pretes pembelajaran pertemuan II adalah 54 dan postes 68.
Hasil belajar ranah afektif diperoleh melalui observasi proses pembelajaran
kelompok. Pada ranah afektifif ini, pembelajaran pertemuan I dan II memiliki tiga
kriteria yang sama, yaitu kerja sama, ingin tahu, saling menghargai. Nilai rata-rata
ketiga kriteria tersebut pada pembelajaran pertemuan I adalah 69,2 dan
pembelajaran pertemuan II adalah 90. Hasil belajar ranah psikomotor diperoleh
dari produk buatan kelompok, dan nilai rata-rata pada pembelajaran pertemuan I
adalah 67,8 dan pembelajaran pertemuan adalah II 77,5.
Dengan demikian, guru dapat menerapkan seluruh tahapan pendekatan
saintifik dalam setiap pembelajaran di kelas IV SD Strada Bina Mulia I agar hasil
belajar siswa baik ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dapat meningkat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)