Bahasa Indonesia merupakan sarana berkomunikasi untuk saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, dan untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kesusastraan Indonesia. Terdapat empat aspek dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu aspek menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dalam keterampilan menulis terdapat menulis karangan. Karanganpun mempunyai berbagai macam jenisnya yaitu karangan narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi dan eksposisi. Menulis karangan narasi adalah kegiatan untuk menyampaikan serangkaian peristiwa menurut urutan kronologisnya menggunakan bahasa tulis. Untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dibutuhkan sebuah media yang menunjang yaitu media gambar seri. Media gambar seri adalah media pembelajaran berupa gambar yang mengandung cerita dengan urutan tertentu yang saling berkaitan antara satu gambar dengan gambar yang lain. Media gambar seri diharapkan mampu membantu menyajikan suatu peristiwa kronologis yang dapat memudahkan siswa untuk menuangkan idenya dalam kegiatan bercerita. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tahapan tersebut dilakukan pada setiap siklus. Penelitian ini diawali dengan penelitian awal (observasi, wawancara, menganalisis hasil karangan siswa terdahulu dan melakukan pre test), dilanjutkan dengan siklus 1(dua pertemuan). Pada Siklus 1 gambar seri yang diberikan adalah gambar seri yang menarik yang terdiri dari empat gambar yang berbeda pada setiap pertemuan. Lalu pada siklus 2, terdapat perbedaan pada media gambar seri yaitu potongan kertas bergambar diberikan kepada siswa lalu diurutkan dan ditempelkan pada lembar kerja yang sudah disediakan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada setiap siklus. Pada pre test nilai rata-ratanya adalah 66. Nilai tersebut tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 70. Pada pre test tersebut, terdapat 15 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM dan 14 siswa tidak mencapai nilai KKM. Peningkatan terlihat pada siklus 1 pertemuan 1 yaitu nilai rata-ratanya adalah 72 Dilanjutkan pada pertemuan kedua, yaitu nilai rata-ratanya adalah 78. Meningkat pada siklus 2 yaitu nilai rata-ratanya 84. Dapat disimpulkan bahwa penelitian mengenai Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Strada Pejompongan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar guru menggunakan media yang lebih menarik, peneliti lebih kreatif dalam mengembangkan keterampilan menulis, dan sekolah dapat memfasilitasi kegiatan belajar pembelajaran. |