Anda belum login :: 10 Jun 2025 16:04 WIB
Detail
BukuUpaya Mcningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode Membaca SQ3R Pada Siswa Kelas IVA SD Strada Kampung Sawah
Bibliografi
Author: PALAN, MARIA FRANSISKA INA ; Harbeluhun, Yohanna Claudia Dhian Ariani (Advisor)
Topik: Kemampuan Membaca Pemahaman; Metode Membaca SQ3R
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2011035018-Maria F.pdf (2.37MB; 25 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-299
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemampuan membaca pemabaman adalah kemampuan untuk membaca dengan balk dan teliti dengan tujuan mengerti serta memahami isi atau makna dari apa yang dibaca. Kemampuan membaca pemahaman merupakan hal yang sangat diperlukan siswa daIam kegiatan belajarnya. Lemahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa merupakan kendala untuk mendapatkan basil belajar yang memuaskan, tidak hanya pada peJajaran Bahasa Indonesia saja, pada pelajaran yang lain pun kemampuan membaca pemahaman sangat diperlukan, misalnya dalam pemahaman materi pelajaran dan soal. Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat dilaknkan salah satunya dengan menerapakan metode membaca SQ3R. Metode membaca SQ3R merupakan proses membaca yang terdiri dari lima langkah yaitu, survey, question, read, recall, review. Kelima langkah tersebut dikelompokan dengan tiga tahapan, yaitu prabaca (surva ydan question), baca (read), pascabaca (recall dan review) siswa mampu memahami bahan bacaan dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SD Strada Kampung Sawah yang berjumlah 43 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan melaksanakan siklus sebanyak dua kali.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes,. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan nilai rata-rata kelas 69,28 pada siklus pertama menjadi 77,03 pada siklus kedua, terjadi peningkatan poin dari siklus I dan siklus II 7,75. Lalu jumlah siswa yang tuntas KKM pacta.siklus pertama 15 orang (34,88%) menjadi 38 orang (88,37%) pada siklus kedua. Berdasarkan penelitian dan analisis data penelitiao, maka dapat disimpulkan penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kemaropuan membaca pemahaman siswa menjadi lebih baik Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada guru agar dapat m.enerapkanpem.belajaran membaca dengan menggunakan rnetode SQ3R.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)