Anda belum login :: 04 Jun 2025 17:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Hubungan Antara Penghargaan Diri Dan Motif Berprestasi Siswa Kelas VIII dan IX SMP STRADA SLAMET RIYADI, TANGERANG
Bibliografi
Author:
FABIANUS, SAMUEL
;
Sudarnoto, Laura Francisca Neneng
(Advisor)
Topik:
Motif berprestasi
;
penghargaan diri
;
BK
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2015
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2010034017-Samuel F.pdf
(6.01MB;
35 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIPK-513
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Motif berprestasi adalah motif yang mengarahkan dan mendorong individu untuk dapat mencapai suatu prestasi yang dijadikan sasaran oleh individu itu sendiri. Motif berprestasi ditandai oleh ciri-ciri, yaitu menyukai tugas dengan tingkat kesulitan mudah atau menengah, suka menerima umpan balik, tekun dalam mengerjakan tugas, berorientasi ke depan dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. Penghargaan diri adalah penilaian individu terhadap diri sendiri, baik yang dilakukan oleh individu itu sendiri kepada dirinya maupun dari lingkungan terhadap diri individu. Penghargaan diri ini terdiri dari dua aspek yaitu self efficacy (keyakinan terhadap diri) dan self respect (penghormatan diri). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara penghargaan diri dengan motif berprestasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX SMP Strada Slamet Riyadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pengumpulan data penelitian digunakan skala penilaian untuk mengukur variable penghargaan diri dan motif berprestasi siswa. Ujicoba instrumen dilakukan pada 46 siswa kelas IX A SMP Strada Slamet Riyadi. Hasil ujicoba terdapat 44 pernyataan yang tidak valid dan 36 pernyataan valid dari variabel motif berprestasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,917. Pada variabel penghargaan diri terdapat 31 pernyataan yang tidak valid dan 35 pernyataan yang valid serta memiliki koefisien reliabilitas
sebesar 0,902. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel penghargaan diri dan motif berprestasi siswa kelas VIII dan IX SMP Strada Slamet Riyadi. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi penghargaan diri siswa maka akan semakin tinggi pula motif berprestasinya. Sebaliknya jika penghargaan diri siswa rendah maka akan rendah pula motif berprestasinya. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pada variabel motif berprestasi terdapat 61,25 % siswa yang berada pada kategori tinggi, ada 30 % siswa yang berada pada kategori sedang, dan ada 8,75 % siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. Komponen yang sangat tinggi dan dominan dari variable motif berprestasi adalah komponen berorientasi ke depan sedangkan skor yang terendah adalah komponen menyukai tugas dengan tingkat kesulitan mudah atau menengah. Pada variabel penghargaan diri ada 57,5 % siswa yang berada pada kategori tinggi, ada 32,5 % siswa yang berada pada kategori sedang, dan 10 % siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. Komponen yang sangat tinggi dan dominan dari variabel penghargaan diri adalah komponen penghormatan diri sedangkan komponen yang terendah adalah keyakinan diri. Saran kepada guru BK di SMP Strada Slamet Riyadi agar diusahakan beberapa kegiatan antara lain mengadakan class meeting dan pentas seni agar siswa dapat meningkatkan keyakinan diri serta kegiatan dinamika kelompok dan juga outbound yang berhubungan dengan menyukai tugas dengan tingkat kesulitan mudah atau menengah sehingga dapat membuat siswa lebih mau menyukai tugas yang mudah kemudian kalau sudah mampu memilih tugas yang sulit. Saran kepada Kaprodi BK agar hasil penelitian ini dapat membantu dan memberikan sumbangan pengetahuan untuk pengembangan materi kuliah peminatan pendidikan dan organisasi kerja dengan mengadakan kegiatan TOC (Ties of Counseling) yang bertema keyakinan diri dengan diisi acara kunjungan ke perkumpulan penyandang cacat dan seminar agar mahasiswa memiliki keyakinan diri serta mengadakan acara outbound agar mahasiswa dapat terlatih untuk mengerjakan dan menyukai tugas yang mudah dan sedang kemudian kalau sudah mampu memilih tugas yang sulit. Saran kepada mahasiswa BK agar penelitian ini dapat memberikan masukan dan informasi dalam penelitian selanjutnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.0625 second(s)