Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan terhadap penyelesaian konflik interpersonal pada Lembaga Pendidikan XYZ. Untuk menguji variabel-variabel tersebut, penulis menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuisioner kepada seluruh guru dan asisten guru yang bekerja di Lembaga Pendidikan XYZ, menggunakan analisa regresi linear sederhana dan analisis korelasi Pearson. Dalam menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan penelitian sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan cenderung menggunakan gaya kepemimpinan transformasional (hasil survey), namun tidak didukung oleh hasil wawancara. Selain itu, banyak terjadi konflik di dalam sekolah tersebut dan penyelesaian konflik yang dilakukan cenderung menggunakan kompetisi dan menghindar. Hasil analisis yang terakhir, tidak ada pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap penyelesaian konflik interpersonal pada Lembaga Pendidikan XYZ dan ini didukung pula dari hasil wawancara. |