Tuntutan masyarakat terhadap perusahaan untuk melakukan CSR telah meningkat. Namun banyak perusahaan yang belum melakukan kegiatan CSR, karena masih menganggap CSR adalah beban, namun sebenarnya CSR dapat menjadi potensial investasi dalam meningkatkan nilai perusahaan. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai analisis pengaruh kinerja CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013).Metode penelitian yang digunakan dalam pengelelolaan data adalah metode analisis regresi linear sederhana dan berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 22.0. Total sampel yang digunakan adalah 51 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas secara signifikan dapat menjadi variabel moderasi yang berpengaruh terhadap hubungan CSR dengan nilai perusahaan. |