Bagi perusahaan jasa kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Karena dengan demikian perusahaan akan mampu mempertahankan pelanggan sekaligus meraih pelanggan baru. Demikian pula dengan Taman Rekreasi Dunia Fantasi Ancol yang telah berdiri sejak 1985. Sebagai penyedia jasa, salah satu kunci untuk meraih hal tersebut adalah dengan menjalankan dan mengevaluasi strategi Bauran Pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, Physical Evidence) secara tepat. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 170 orang pengunjung Taman Rekreasi Dunia Fantasi Ancol sebagai responden pada tanggal 12 November 2013 sampai - 17 November 2013. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan menggunakan teknik analisis data Structural Equation Model (SEM) dengan software LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Bauran Pemasaran 7P yang dijalankan oleh Taman Rekreasi Dunia Fantasi Ancol mempengaruhi kepuasan para pengunjungnya. Dimana terdapat lima dari tujuh elemen yang berpengaruh secara positif dan signifikan, yaitu Product, Price, Place, People dan Physical Evidence. |