Anda belum login :: 19 Apr 2025 14:23 WIB
Detail
ArtikelGAYA BELAJAR MAHASISWA SEMESTER III TAHUN 2004/2005 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA  
Oleh: GRIADHI IP, ADIARTHA
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional
Dalam koleksi: MEDICINA (Jurnal Ilmiah Kedokteran) vol. 39 no. 02 (May 2008), page 145-148.
Topik: gaya belajar; skoring VARK; kemampuan adaptasi akademik
Ketersediaan
  • Perpustakaan FK
    • Nomor Panggil: M38.K.01
    • Non-tandon: 1 (dapat dipinjam: 0)
    • Tandon: tidak ada
    Lihat Detail Induk
Isi artikelGaya belajar adalah kecenderungan seseorang untuk mengandalkan satu indera atau lebih dalam menyerap informasi. Salah satu pembagiannya adalah berdasarkan skoring VARK menjadi tipe melihat, mendengar, membaca dan menulis, dan kinestetik (visual, aural, read/write, kinestetik [VARK]). Penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian antara gaya belajar dengan metode pengajaran akan memberikan kenyamanan dan kepuasan belajar serta prestasi belajar siswa yang lebih baik, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini ditujukan untuk melihat gaya belajar mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unud dan kesesuaiannya dengan metode pengajaran berorientasi siswa (student centered) yang diterapkan saat ini. Penelitian mempergunakan kuesioner skoring VARK., dilakukan secara cross sectional pada mahasiswa Semester III FK. Unud. Sampel berjumlah 83 orang yang dipilih secara acak sederhana. Siswa diminta untuk mengisi kuesioner VARK dan kemudian ditentukan gaya belajar yang mereka miliki, apakah termasuk gaya belajar multimodalitas atau unimodalitas. Data yang terkumpul dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 56 siswa (67,5%) memiliki gaya belajar multimodalitas dan 27 orang (31,5%) memiliki gaya belajar unimodalitas. Secara keseluruhan, siswa yang memiliki gaya belajar tipe membaca dan menulis sebanyak 34 orang (40,9%), tipe kinestetik sebanyak 23 orang (27,7%), mendengar sebanyak 18 orang (21,7%), dan tipe melihat hanya dimiliki oleh 8 orang (9,6%) mahasiswa. Distribusi gaya belajar seperti ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah memiliki gaya belajar yang diperlukan pada metode pengajaran berorientasi siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)