Menggunakan kendaraan pribadi bukan tanpa risiko. Risiko kehilangan, kecelakaan bahkan kematian selalu membayangi pengguna kendaraan pribadi. Untuk mengendalikan risiko ini maka pengguna kendaraan akan menggunakan jasa asuransi. Klaim asuransi adalah ganti rugi, kewajiban bagi penanggung sebagai akibat terjadinya suatu peristiwa yang menimbulkan kerugian finansial bagi tertanggung dan kerugian tersebut dijamin oleh polis yang dikeluarkan penanggung. Mengingat pentingnya prosedur pengajuan dan pembayaran klaim, maka penulis tertarik melakukan penelitian, audit manajemen, untuk menilai efektifitas dan efisiensi bagian klaim kendaraan. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dengan karyawan bagian klaim dan uji ketaatan atas kelengkapan prosedur pengajuan dan pembayaran klaim kendaraan bermotor. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa prosedur pengajuan dan pembayaran klaim sudah efektif. Berdasarkan uji ketaatan yang dilakukan, tidak ditemukan penyimpangan atas pelaksanaan prosedur yang digariskan perusahaan dan pelaksanaan telah berjalan efektif. Dikarenakan tidak ditemukan parameter menyangkut efisiensi, antara lain tidak tersedianya data pembanding dari perusahaan sejenis dan atau kompetitor misal rasio klaim dan premi yang diterima, ratio jumlah karyawan terhadap jumlah klaim, maka Penulis tidak dapat melakukan penilaian atas efisiensi Bagian Klaim Kendaraan. |