Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis kebaya kustom ‘Akalpa Akram’. Dengan dilatarbelakangi keinginan pimpinan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, penulis melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan informasi historis perusahaan. Berdasarkan hasil wawancara terhadap pimpinan, ditemukan bahwa setiap tahunnya Akalpa Akram sudah memperoleh profit dari hasil penjualan kebaya, namun pendapatan yang diperoleh dari tahun 2011 sampai 2014 dianggap masih belum maksimal. Setelah dilakukan analisis yang lebih mendalam, ditemukan bahwa salah satu penyebab tidak optimalnya penerimaan pendapatan selama periode lalu karena perusahaan hanya mengandalkan satu sumber pendapatan yaitu dari hasil penjualan kebaya kustom yang dipesan pelanggan. Akibatnya, pada periode-periode saat pesanan sedang sedikit, pendapatan yang diterima perusahaan juga menurun. Selain itu penyebab lain kurang optimalnya pendapatan yang diterima perusahaan yang juga dapat ditemukan adalah adanya konflik yang terjadi dalam internal perusahaan. Pelanggan Akalpa Akram beberapa kali melakukan transaksi dengan desainer tanpa sepengetahuan pimpinan. Dari masalah-masalah tersebut penulis kemudian bermaksud untuk membuat rencana pengembangan bisnis guna menghindari terulangnya kembali konflik serupa sekaligus bermaksud untuk meningkatkan pendapatan sesuai target perusahaan. Dengan memanfaatkan promosi dan pemasaran melalui media online serta pengembangan inovasi desain-desain kebaya, pada akhir tahun 2015 diproyeksikan perusahaan akan memperoleh Return On Equity sebesar 6.59 rupiah untuk tiap 1 rupiah modal yang ditanamkan pada perusahaan dan Return On Investment sebesar 3.33 rupiah untuk tiap 1 rupiah investasi pada perusahaan |