Pada zaman sekarang ini, memodifikasi mobil sudah menjadi hal lumrah bahkan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Hal ini diperkuat dengan adanya peningkatan dari jumlah peserta yang ikut aktif dalam kontes modifikasi mobil dan dengan adanya argumen penggantian velg mobil itu dapat menambah signifikansi tampilan kendaraan maka bisnis usaha toko velg mobil itu memiliki prospek yang menjanjikan. Inovasi dan pengembangan harus terus diterapkan kepada toko agar dapat bersaing dan terus menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, maka penulis melakukan penelitian dan penerapan terhadap toko velg DiPi Store dengan dasar 7 aspek bauran ritel dan penerapan metode click and mortar e-commerce. Sebesar 36% responden menyatakan tidak tertarik untuk datang melihat ke toko sehingga menyebabkan adanya potensi ketidaktahuan pasar terhadap produk dan promosi yang diberikan toko. Hal ini akan menyebabkan kehilangan potensi pembeli bagi toko. Di sisi lain, penerapan metode dengan click and mortar e-commerce ini didukung dengan data sebesar 85% responden menyatakan promosi secara online memudahkan mereka untuk menjangkau promosi yang diberikan. Oleh karena itu DiPi Store membutuhkan pengembangan seperti penyediaan website toko berikut fitur didalamnya dan perbaikan aspek fisik toko seperti pembenahan plang toko. Pengembangan ini membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 32.500.000,00, biaya operasional sebesar Rp 13.845.000,00 dengan jangka waktu pengembalian selama 35 hari dan kenaikan net income sebesar Rp 356.894.728,00 dan ROI 55,7%. |