Perkembangan industri asuransi membuktikan adanya perubahan paradigma pemikiran orang yang semakin modern dan realistis dengan mulai menanamkan dana dalam investasi di asuransi. Namun, meski paradigma pemikiran orang semakin modern, fenomena terkait stigma buruk asuransi masih tetap ada seperti fenomena bahwa asuransi itu mahal, asuransi tidak bisa dipercaya dan penuh kebohongan. Dari fenomena diatas, faktor psikologi sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan investasi. Hanya dikarenakan stigma buruk yang beredar di masyarakat tentang asuransi, orang menjadi kurang terbuka untuk melakukan investasi di asuransi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 112 investor yang menginvestasikan dananya di perusahaan asuransi. Dalam menganalisis data digunakan uji reliabilitas, validitas & uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh antara social interaction, mental accounting dan familiarity terhadap keputusan investasi pada perusahaan asuransi. Secara parsial terdapat pengaruh social interaction dan mental accounting terhadap keputusan investasi. |