Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah organizational citizenship behavior (OCB) karyawan di Hotel Bunga Karang Bekasidipraktikan dengan baik sehingga kinerja karyawan bermanfaat bagi karyawan dan Hotel Bunga Karang.Hal dinyatakan demikian karena tingkat dan kualitas kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa perilaku, kemampuan melaksanakan pekerjaan, yaitu perilaku intra-role dan extra-role. Perilaku in-role adalah kemampuan melaksanakan pekerjaan atau jobdesk yang berhubungan dengan sistem reward, sedangkan perilaku extra-role adalah perilaku bebasyang tidak berkaitan dengan sistem reward. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa kinerja karyawan tidak hanya dipengaruhi oleh perilaku in-role, tetapi juga oleh perilaku extra-roleatau organizational citizenship behavior (OCB). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai “Analisis Organizational Citizenship Behavior Karyawan di Hotel Bunga Karang Bekasi”. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 32responden Hotel Bunga Karang Bekasi. Kemudian data yang diperoleh dari responden ditabulasi dan dianalisis denganmengunakan analisis deskriptif terhadap hasil kuesioner dan metode korelasi Spearman’s Rankmenggunakan SPSS versi 17.00for Windows. |