Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh leverage ratio perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap corporate social disclosure (CSD) dan pengaruh leverage ratio perusahaan, reputasi perusahaan, serta corporate social disclosure (CSD) terhadap earnings quality yang tercermin dalam dua model penelitian. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Model pertama digunakan untuk mengetahui hubungan antara leverage ratio perusahaan dan reputasi perusahaan terhadap corporate social disclosure (CSD). Model kedua digunakan untuk mengetahui hubungan leverage ratio perusahaan, reputasi perusahaan, serta corporate social disclosure (CSD) terhadap earnings quality. Model pertama memiliki 2 hipotesis penelitian. Sedangkan model kedua memiliki 3 hipotesis penelitian. Hasil penelitian hipotesis pertama ditolak, yaitu leverage ratio perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social disclosure (CSD). Hipotesis kedua diterima, yang artinya reputasi perusahaan berpengaruh terhadap luasnya corporate social disclosure (CSD). Hipotesis ketiga ditolak, leverage ratio perusahaan tidak berpengaruh terhadap earnings quality yang dihasilkan perusahaan. Hasil penelitian hipotesis keempat diterima, yaitu reputasi perusahaan berpengaruh terhadap earnings quality. Hipotesis kelima ditolak, corporate social disclosure tidak berpengaruh terhadap earnings quality yang dihasilkan perusahaan. |