Keterampilan bermain alat musik pianika adalah siswa tidak hanya sekedar memainkannya tetapi juga memperhatikan aspek-aspek dalam memainkannya. Aspek-aspek dalam bermain alat musik pianika adalah fingering yang tepat, pernapasan, meniup, memperhatikan tanda-tanda pada lagu dan tempo. Jika siswa dapat menguasai ke-lima aspek tersebut, maka dapat dikatakan siswa tersebut terampil dalam memainkan alat musik pianika. Metode pembelajaran adalah salah satu cara yang dapat dipakai untuk kegiatan proses belajar di kelas. Metode pembelajaran khususnya metode latihan cocok digunakan untuk meningkatkan suatu keterampilan tertentu. Dengan metode latihan seseorang akan terus mengulang suatu keterampilan yang ingin dikuasai. Tetapi metode latihan tidak begitu saja dilakukan, seseorang harus terlebih dahulu memahami teori keterampilan yang ingin dikuasai. Metode latihan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Guru dapat menggunakan metode latihan untuk suatu keterampilan seperti olahraga dan bermain musik. Keterampilan bermain alat musik dibutuhkan latihan agar siswa benar-benar terampil dalam memainkannya. Sebelumnya siswa harus terlebih dahulu memahami teori-teori dalam bermain musik atau yang disebut teori musik dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika dengan metode latihan pada siswa kelas III A SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tindakan dan setiap siklus memiliki dua kali pertemuan. Masing-masing siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I, materi (lagu) yang dipelajari masih mudah, jadi siswa dapat dengan cepat mempelajarinya. Siklus II, materi (lagu) yang dipelajari lebih meningkat dalam tanda-tanda dan tempo dibandingkan lagu pertama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode latihan, keterampilan siswa dalam memainkan alat musik pianika mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan hasil rata-rata kelas pada postes siklus 1 sebesar 68,51 dan meningkat pada postes siklus 2 sebesar 78,24. Peningkatan hasil rata-rata kelas menunjukkan bahwa metode latihan dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika pada siswa kelas III B SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Disarankan bagi guru agar dapat menggunakan metode yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menguasai keterampilan tertentu. |