Anda belum login :: 22 Jul 2025 02:42 WIB
Detail
BukuAnalisis Usability Pada Website Online Shop (Studi Kasus: Groupon Indonesia, Living Social, Dan Lazada)
Bibliografi
Author: YO, CANDY ; Triyanti, Vivi (Advisor)
Topik: Website Online Shop; Human Computer Interaction (HCI); Usability pada Human Computer Interaction; Visual Display; Website Online Shop; Usability; Human Computer Interaction (HCI)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Candy Yo’s Undergraduate Theses.pdf (6.69MB; 83 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTI-1160
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Kemajuan teknologi dan komunikasi yang semakin berkembang saat ini, mendukung munculnya aplikasi-aplikasi berbasis teknologi untuk mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas.Perkembangan teknologi dan komunikasi yang cukup dirasakan oleh manusia adalah adanya internet.Internet merupakan kemajuan terbesar yang memberikan kemudahan bagi manusia untuk menemukan suatu hal dengan efisien.Salah satu inovasi dari penggunaan internet yang telah berkembang saat ini adalah munculnya website online shop.Munculnya website online shop ini sangat diminati oleh para kalangan, sehingga perusahaan yang membuka online shop berbasis website perlu mempertimbangkan beberapa hal agar tetap kompetitif. Dari sekian banyak jenis website online shop, didapatkan tiga website online shop yang cukup digemari oleh khalayak ramai, yaitu Groupon Indonesia, Living Social, dan Lazada. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan nilai dari masing-masing atribut usability beserta nilai usability keseluruhan dari ketiga jenis website online shop tersebut.Atribut-atribut usability yang digunakan berdasarkan Nielsen, yang terdiri dari learnability, memorability, efficiency, errors, dan satisfaction.Dari kelima atribut tersebut diukur berdasarkan pengguna dan bukan pengguna, dengan jumlah faktor perlakuan yang berbeda-beda.Untuk atribut learnability, memorability, errors, dan satisfaction ditujukan untuk bukan pengguna, sedangkan atribut efficiency, errors, dan satisfaction ditujukan untuk pengguna.Pada masing-masing atribut juga memiliki faktor perlakuan yang berbeda, dimana untuk atribut learnability, memorability, dan efficiency terdiri dari faktor jenis website online shop dan faktor jenis kelamin.Sedangkan untuk atribut errors dan satisfaction terdiri dari faktor jenis website online shop, jenis kelamin, dan jenis pengguna. Hasil pengukuran usability didapatkan bahwa website online shop Lazada memiliki nilai usability terbaik sebesar 0,361 dengan keunggulan pada atribut learnability, memorability, efficiency, dan satisfaction.Sedangkan untuk atribut errors menjadi keunggulan untuk website online shop Living Social.Setelah mendapatkan nilai usability terbaik, dilakukan analisis tampilan terhadap masing-masing jenis website online shop berdasarkan prinsip-prinsip Human Computer Interaction (HCI).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.109375 second(s)