Media pembelajaran adalah alat yang mampu mempermudah peserta didik untuk memahami materi pelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada penelitian ini media pembelajaran yang digunakan yaitu kartu gambar dan kartu kata. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Pada penelitian ini, dengan topik mengenal tokoh sumpah pemuda Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan topik mengenal tokoh sumpah pemuda kelas III SD Strada Dipamarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dibantu observer serta siswa kelas III yang terdiri dari 29 siswa dengan komposisi perempuan 15 siswa, dan laki-laki 14 siswa. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua kedua: kedua: 1. Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan topik mengenal tokoh sumpah pemuda kelas III pada pembalajaran pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata LKS 93,76 dan nilai rata-rata tes 87,31. Serta pembelajaran pertemuna kedua hasil nilai rata-rata LKS 96,20 dan nilai rata-rata tes 93,47. 2. Media memudahkan siswa memahami materi ajar ini terlihat ketika siswa tertarik, termotivasi dengan materi yang disampaikan 3. Media meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar sehingga anak lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan media merangsang siswa untuk berpikir, 4. Media meningkatkan hubungan komunikasi antara guru dan siswa, siswa lebih aktif bertanya kepada guru mengenai hal-hal yang belum dimengerti terutama mengeani gambar tokoh sumpah pemuda. 5. Media sifatnya konkrit, namun akan lebih baik jika kartu gambar ada sedikit biodata mengenai tokoh sumpah pemuda. 6. Media membangkitkan rasa keingintahuan siswa tentang materi yang akan dilaksanakan, siswa lebih termotivasi, tertarik dengan materi yang diajarkan, berpikir dan menganalisis gambar tokoh sumpah pemuda serta siswa tertarik untuk menyusun teks sumpah pemuda. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat memaksimalkan penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan siswa aktif dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan |