Anda belum login :: 30 Apr 2025 17:10 WIB
Detail
BukuPenerapan Strategi Directed Reading Activity Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V C SD SANTA MARIA FATIMA
Bibliografi
Author: Herbelubun, Y.C. Dhian Ariani (Advisor); DIVIANTI, THERESIA OCTAVIANA
Topik: Strategi Directed Reading Activity (DRA) Dan Membaca Pemahaman
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Theresia Octaviana Divianti’s Undergraduate Theses.pdf (12.89MB; 36 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-288
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Strategi directed reading activity merupakan kerangka berpikir untuk merencanakan pembelajaran membaca suatu mata pelajaran yang menekankan membaca sebagai media pengajaran dan kemahiraksaraan sebagai alat belajar. Meliputi kegiatan persiapan membaca, membaca dalam hati, dan tindak lanjut. Membaca pemahaman merupakan suatu proses memperoleh makna yang secara aktif melibatkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh pembaca serta dihubungkan dengan isi bacaan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi directed reading activity (DRA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V C SD Santa Maria Fatima yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, dengan melaksanakan siklus sebanyak dua kali. Setiap siklus diterapkan strategi DRA yang meliputi kegiatan persiapan membaca, membaca dalam hati, mengecek pemahaman dan diskusi, membaca nyaring, dan tindak lanjut. Pada siklus pertama untuk mengetahui penerapan strategi DRA dalam pembelajaran. Pada siklus kedua merupakan penguatan dari siklus pertama. Penguatan pada siklus kedua dengan penambahan kegiatan membaca bergiliran untuk memfokuskan siswa saat membaca sehingga meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata kelas dari 47,55 pada siklus pertama menjadi 60,59 pada siklus kedua, lalu jumlah siswa
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)