Anda belum login :: 23 Jul 2025 10:23 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Identifikasi Distribusi Kedatangan dan Pelayanan Customer : Studi Kasus Pemuatan Semen Di PT. Indocement
Oleh:
Siringoringo, Hotniar
;
Nugroho, Anton Dwi
Jenis:
Article from Bulletin/Magazine
Dalam koleksi:
Ekonomi Komputer vol. XI no. 3 (Dec. 2003)
,
page 135-143.
Topik:
Distribusi
;
acak
;
kesesuaian
;
signifikansi
;
uji hipotesa
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
EE33.1
Non-tandon:
1 (dapat dipinjam: 0)
Tandon:
tidak ada
Lihat Detail Induk
Isi artikel
Divisi pengepakan merupakan divisi akhir dari semua proses produksi yang ada pada masing - masing pabrik di PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Produk semen yang sudah selesai pada divisi ini dikemas siap untuk dibawa ke pelanggan menggunakan truk. Masing - masing truk mempunyai kapasitas angkut yang berbeda mulai dari 200 sak sampai dengan 1000 sak. Jumlah truk yang akan memuat semen setiap hari cukup banyak, sehingga sering menimbulkan antrian. Antrian ini sering cukup panjang, tapi kadang - kadang juga antrian tidak ada. Fenomena mengantri bisa disebabkan kedatangan customer yang acak dan waktu pelayanan yang acak. Distribusi kedatangan dan pelayanan karena itu merupakan input yang penting dalam analisa antrian. Teknik penentuan distribusi yang biasa disebut dengan uji kesesuaian (uji kebaikan suai) akan digunakan untuk menentukan distribusi kedatangan dan pelayanan truk pada jalur pembuatan semen di PT. Indocement, perangkat lunak SPSS akan digunakan untuk keperluan itu. Distribusi kedatangan dan pelayanan pada 8 jalur pemuatan akan ditentukan. Distribusi kedatangan dan pelayanan pada ke - 8 jalur sama. Jumlah kedatangan per atuan waktu bervariasi secara acak dan mengikuti distribusi poisson. Jumlah truk yang dapat dilayani per satuan waktu juga bervariasi dan mengikuti distribusi poisson.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)