Anda belum login :: 23 Jul 2025 19:11 WIB
Detail
BukuPenerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas II A SD Santa Maria Fatima
Bibliografi
Author: MEGAWATI, YULIA ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: PAKEM; Hasil Belajar; Pembelajaran Tematik; Kurikulum 2013; Siswa Kelas II SD.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2015    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yulia Megawati’s Undergraduate Theses.pdf (6.65MB; 19 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-282
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
PAKEM merupakan suatu pendekatan yang melibatkan aspek aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Aspek aktif adalah pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara fisik dan mental. Aspek kreatif adalah pembelajaran yang mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Aspek efektif adalah pembelajaran yang memiliki tujuan yang akan dicapai. Aspek menyenangkan adalah pembelajaran yang membangkitkan suasana yang menyenangkan bagi siswa. PAKEM digunakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa atas pengalaman yang telah dilakukan. Hasil belajar meliputi pemahaman konsep (aspek kognitif), sikap siswa (aspek afektif) dan unjuk kerja (aspek psikomotorik). Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan tema. Pembelajaran ini disebut pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dilaksanakan berdasarkan penggunaan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II A SD Santa Maria Fatima. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru, guru sebagai observer dan siswa kelas II A yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sebagai berikut; kegiatan PAKEM dilaksanakan dalam pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan dua tema yang berbeda. Pada siklus I menggunakan tema Bermain di Lingkungan Sekitar dan pada siklus II menggunakan tema Kewajibanku Sehari-hari. Penerapan aspek aktif ditunjukkan dengan siswa diberikan kesempatan untuk aktif secara fisik seperti melakukan aktivitas menggunakan panca indera dan aktif secara mental seperti mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan. Penerapan aspek kreatif ditunjukkan dengan siswa mengembangkan kreativitas berdasarkan imajinasi dan hasil pengamatan. Kegiatan yang menerapkan aspek kreatif ditunjukkan dengan membuat benda dari plastisin dan menggambar berdasarkan hasil pengamatan. Kegiatan yang menerapkan aspek efektif adalah siswa memahami cara bermain benteng-bentengan dengan langsung mempraktikan bermain. Kegiatan yang menunjukkan aspek menyenangkan adalah suasana pembelajaran yang menimbulkan rasa senang bagi siswa dalam bentuk bermain dan bernyanyi. Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan menyebabkan peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Aspek kognitif terlihat dalam peningkatan hasil rata-rata post tes dan rata-rata latihan soal. Pada siklus I, rata-rata post tes 61 dan pada siklus II mencapai 89. Pada siklus I, rata-rata latihan soal 57,03 dan pada siklus II mencapai 75,48. Aspek afektif pada siklus I diperoleh rata-rata sikap jujur 3,33 , sikap berani 3,07 , sikap bekerja sama 2,88 dan pada siklus II sikap jujur 3,44 , sikap berani 3,44 , dan sikap bekerja sama 3,40. Aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 56,40 dan pada siklus II mencapai 68,03. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya peran sekolah dalam mengarahkan guru untuk menerapkan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Penerapan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.078125 second(s)