Kepribadian merek merupakan salah satu dasar bagi konsumen dalam memilih suatu merek. Banyak perusahaan yang berusaha menonjolkan kepribadiannya untuk menunjukkan ciri khas serta karakteristik merek yang dimiliki. Hal ini tentu membuat konsumen lebih mudah dalam melakukan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kepribadian merek sepatu Converse. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan maksud agar dapat mengetahui langsung dari sudut pandang konsumen.Penulis melakukan wawancara kepada sepuluh orang informan. Setelah itu, penulis mengubah hasil wawancara ke dalam bentuk verbatim, menganalisis data hasil wawancara dan membahasnya. Penelitian ini menghasilkan enam dimensi dan delapan belas sub dimensi berdasarkan persepsi konsumen yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian, yaitu (1) Sincerity dengan sub dimensi Simple dan Humble, (2) Excitement dengan sub dimensi Young, Cool, Attractive, Unique, dan Trendy, (3) Competence dengan sub dimensi Successful, Consistent, Confident, Strong Brand, (4) Sophistication dengan sub dimensi Chic, (5) Ruggedness dengan sub dimensi Strong, Tough dan Solid, dan (6) Dynamism dengan sub dimensi Comfortable, Flexible dan Easy-Going. Beberapa saran diberikan oleh penulis berdasarkan temuan penelitian. |