Seiring dengan pertumbuhan dan perubahan ekonomi Indonesia yang mulai membaik, mendorong laju persaingan di dalam dunia bisnis. Yang dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk dan jasa yang menyebabkan tingkat persaingan yang ketat. Untuk itu perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi pemasarannya, sehingga dapat menarik dan dapat mempertahankan konsumen. Salah satunya dengan penggunaan bintang iklan (endorser) dalam sebuah iklan sejalan dengan perilaku konsumen, yaitu dimana dalam melakukan pengambilan keputusan, konsumen dipengaruhi oleh kelompok referensinya (reference group). Pemakaian selebriti pendukung (celebrity endorser) harus melalui beberapa pertimbangan diantaranya adalah tingkat popularitas selebriti dan apakah selebriti yang dipilih dapat mewakili karakter produk yang diiklankan. Sehubung dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti mengenai analisis pengaruh Nikita Willy sebagai celebrity endorser Pada produk Hair Energy Makarizo terhadap minat beli konsumen. Sampel penelitian ini adalah pengunjung Carrefour, Tamini Square yang dipilih dengan metode simple random sampling. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 120 responden yang pernah melihat tayangan iklan Hair Energy Makarizo dengan Nikita Willy sebagai bintang iklan dan yang tidak pernah membeli produk Hair Energy Makarizo. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa Nikita Willy mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Serta terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel attractiveness dan variabel trustworthiness terhadap minat beli konsumen. Sedangkan variabel expertise tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. |