Kata media berasal dari bahasa latin Medius yang secara harafiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Namun, pengertian media dalam proses pembelajaran cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menagkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual atau verbal. Salah satu jenis media adalah media gambar yang tergolong dalam media grafis yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil belajar adalah jika seseorang telah belajar dan terdapat perubahan tingkah laku, seperti dari yang tidak mengerti menjadi mengerti, yang tidak tahu menjadi tahu. Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial manusia ataupun lingkungan disekitar manusia, dimana siswa dapat dibantu untuk memahami dan memecahkan setiap masalah yang terjadi. Materi IPS yang digunakan dalam penelitian ini adalah kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar agar meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS untuk siswa kelas V SDN Jati Mekar XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dibantu oleh guru mata pelajaran IPS yang bertindak sebagai observer dan siswa kelas VA SDN Jatimekar XI yang berjumlah 35 orang. Siklus yang digunakan sebanyak dua kali dengan materi pelajaran yang berbeda. Siklus pertama saya menjelaskan materi kenampakan alam dan buatan. Siklus kedua saya menjelaskan tentang persebaran flora dan fauna. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data observasi dianalisis dengan cara deskriptif. Data tes dianalisis dengan cara menghitung rata-rata hasil pretest dan postest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Terdapat peningkatan rata-rata pada siklus I dan siklus II. Siklus I dengan rata-rata hasil pretest 54,3 dan kemudian mengalami peningktan pada hasil postest 71,5. Dan siklus II dengan hasil pretest 63,5 dan mengalami peningkatan dengan hasil postest 79,9. Dengan demikian, hasil siklus I 71,5 dan siklus II 79,9 mengalami peningkatan sebesar 8,4. Setelah membandingkan hasil siklus I dan siklus II terbukti bahwa adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas V SDN Jatimekar XI. Disarankan untuk para guru untuk menggunakan variasi media dalam penyampaian materi pelajaran agar tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. |