Anda belum login :: 05 Jun 2025 00:53 WIB
Detail
BukuStudi Deskriptif Pembelajaran Tematik di SD Strada Budi Luhur II
Bibliografi
Author: NOVIANTI, DESY ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Pembelajaran Tematik (Perencanaan; Pelaksanaan; Dan Penilaian)
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010035048-Desy Novianti.pdf (13.68MB; 18 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-275
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Salah satu pembelajaran yang sedang berkembang di pendidikan SD adalah pembelajaran tematik. Salah satu SD yang telah mengikuti perubahan kurikulum pembelajaran yang terbaru sesuai kurikulum 2013 yaitu SD Strada Budi Luhur II. Namun tidak seluruh kelas menerapkan pembelajaran tematik kurikulum 2013. Masih ada kelas yang menerapkan tematik KTSP (2006). Guru profesional mampu melaksanaan pembelajaran. Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang dirancang berdasarkan tema tertentu dengan menggabungkan beberapa mata pelajaran, materi, dan kompetensi dari berbagai konsep sehingga siswa dapat belajar secara nyata dan mendapat pengalaman bermakna. Pembelajaran tematik pada penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yang dimaksud merupakan rancangan dari penyusunan RPP dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang dimaksud berdasarkan jaringan tematik yang dipakai pada kurikulum masing-masing yaitu 2006 dan 2013. Penilaian pembelajaran adalah penilaian proses selama pembelajaran dan penilaian hasil belajar terkait ketercapaian aspek tertentu yang diukur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendeskrisikan pembelajaran tematik di SD Strada Budi Luhur II dengan objek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik yang dilaksanakan oleh subjek penelitian yaitu 12 guru kelas I-IV. Teknik pengumpulan data adalah Focus Group Discussion (FGD) untuk data perencanaan dan penilaian, serta observasi untuk data pelaksanaan pembelajaran tematik. Hasil penelitian pengertian pembelajaran tematik menurut masing-masing guru berbeda-beda, tetapi memiliki persamaan yaitu menggunakan tema untuk menggabungkan materi atau mata pelajaran. Penerapan pembelajaran tematik di SD Strada Budi Luhur II pada perencanaan tematik 2006 RPP dikutip dari silabus, sedangkan perencanaan tematik 2013 RPP dipelajari dari pemetaan KI, KD dan indikator. Pada pelaksanaannya tematik 2006 guru mengembangkan sendiri media yang digunakan, sedangkan pelaksanaan tematik 2013 guru mengikuti perangkat pembelajaran yang sudah ada. Sedikit berbeda pada penilaian, tematik 2006 lebih sederhana masih dalam nilai mata pelajaran sedangkan 2013 penilaian didasari pada aspek tertentu. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat mengembangkan pembelajaran tematik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian sesuai dengan kurikulum yang diberlakukan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)