Anda belum login :: 23 Jul 2025 18:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Strada Budi Luhur II
Bibliografi
Author:
NIRMALA, RIFKA
;
Anugraheni, Indri
(Advisor)
Topik:
Pembelajaran Matematika
;
Pendekatan Matematika Realistik
;
Hasil Belajar Matematika
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2014
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
2010035018-Rifka Nirmala.pdf
(5.82MB;
58 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FKIP-PGSD-270
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas berpikir siswa yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi matematika. Pendekatan Matematika Realistik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang berorientasi pada siswa, bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata terhadap konteks kehidupan sehari-hari siswa ke pengalaman belajar yang berorientasi pada hal-hal real (nyata). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Strada Budi Luhur II Bekasi. Subyek penelitian adalah siswa siswi kelas VC tahun ajaran 2013-2014 yang terdiri dari 19 siswa dan 17 siswi, satu orang guru sebagai peneliti, satu orang observer dan pengambil dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari menjadi dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Tujuan dari siklus ini adalah agar peserta didik dapat memahami konsep pecahan potongan harga sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini dilakukan dengan cara membawa siswa dengan keadaan dunia nyata melalui praktek yang mereka lakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Peningkatan dapat dilihat pada postes siklus 1 sebesar 71,94 dan pada postes siklus 2 sebesar 86,38 maka dapat kita ketahui peningkatan hasil belajar sebesar 14,44 dan dapat di lihat bahwa nilai postes pada siklus 1 dan siklus 2 sudah diatas KKM. Melalui pendekatan matematika realistik siswa dapat mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan nyata yang siswa alami dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan pendekatan matematika realistik mampu meningkat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya pelatihan guru untuk meningkatkan pendekatan matematika realistik yang menarik siswa dalam proses pembelajaran.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.125 second(s)