Anda belum login :: 24 Jul 2025 14:26 WIB
Detail
BukuPengelolaan Kelas Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Strada Bhakti Utama Bintaro
Bibliografi
Author: ASTUTI, ANDRIYANI NUNGKY KUSUMA ; CLARA IKA SARI BUDHAYANTI (Advisor)
Topik: Pengelolaan Kelas; Pembelajaran IPS SD
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2014    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: 2010035012-Andriyani Nungky.pdf (8.8MB; 15 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-269
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Suatu pembelajaran dikatakan efektif apabila proses pembelajaran berjalan secara interaktif, insipiratif, menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung. Guru memiliki pengaruh besar dalam membentuk pembelajaran yang efektif di kelas. Untuk membentuk pembelajaran yang efektif, guru harus mengelola kelas dengan baik. Agar dapat mengelola kelas dengan baik guru dapat menerapkan komponen keterampilan mengelola kelas. Komponen keterampilan mengelola kelas dibagi menjadi dua bagian, yaitu komponen keterampilan mengelola kelas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal serta komponen keterampilan mengelola kelas yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan kelas pada pembelajaran di kelas IV SD Strada Bhakti Utama Bintaro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian : Pada kedua keterampilan ini, ada salah satu komponen keterampilan yang cukup menarik untuk diperhatikan oleh guru, yaitu komponen memodifikasi tingkah laku. Komponen keterampilan modifikasi tingkah laku adalah peranan guru dalam mengembangkan tingkah laku siswa yang baik dan mencegah tingkah laku siswa yang kurang baik. Hal ini harus menjadi perhatian guru karena siswa dapat dengan mudah menimbulkan tingkah laku yang kurang baik kembali sehingga kegiatan belajar menjadi terganggu. Untuk mencegah hal itu, guru dapat dengan cermat menggabungkan komponen keterampilan mengelola kelas lainnya untuk menunjang komponen keterampilan modifikasi tingkah laku, seperti komponen keterampilan memberi penguuatan dan komponen keterampilan membagi perhatian. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti memberikan saran-saran kepada guru untuk mengelola kelas dengan cara menerapkan kedua komponen keterampilan, yaitu komponen keterampilan mengelola kelas yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal berupa sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, memberikan petunjuk yang jelas, menegur dan memberikan penguatan serta komponen keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal berupa modifikasi tingkah laku, pendekatan pemecahan masalah kelompok, serta menemukan dan memecahkan masalah kelompok.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.296875 second(s)