Anda belum login :: 23 Jul 2025 08:25 WIB
Detail
BukuPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV A SDK Maria Mediatrix Kutabaru Tangerang
Bibliografi
Author: PRILINA, BERTHA RETNANING ; Anindyta, Pricilla (Advisor)
Topik: STAD; hasil belajar; Pembelajaran IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2013    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-268
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Proses pembelajaran IPA di SD dapat berlangsung secara optimal jika guru dan siswa dapat berinteraksi dengan baik terhadap materi yang dipelajari, saling bertukar informasi dan bekerja sama dalam memahami suatu materi pelajaran Permasalahannya, proses pembelajaran IPA pada siswa SD kelas IVA SDK Maria Mediatrix Kutabaru Tangerang, pembelajaran IPA berlangsung dimana siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan membaca buku pelajaran secara bergantian. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran IPA. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada model pembelajaran ini terdapat 5 komponen utama yaitu dengan penyajian presentasi, pembentukan kelompok, kuis individu, skor kemajuan individual, dan rekognisi tim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil perolehan data berupa observasi dan analisis data kuantitatif yang diperoleh dari pengolahan hasil nilai-nilai yang dihasilkan siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui penyajian presentasi yang menarik dengan menggunakan media gambar, pembagian kelompok secara acak yang terdiridari 4-5 orang siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda dan tidak bersifat homogen, pemberian tes individu setelah siswa belajar kelompok, penyajian skor dengan menggunakan papan skor dan pemberian reward berupa simbol medali terhadap kelompok yang nilainya paling tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV A SDK Maria Mediatrix Kutabaru Tangerang. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai tes siklus I 73 sedangkan rata-rata nilai tes siklus II sebesar 79 Berdasarkan perbandingan rata-rata dari tes siklus I ke siklus II terdapat peningkatan nilai yaitu sebesar 6. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti memberikan saran bagi berbagai pihak, antara lain bagi guru diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan tipe STAD yang mengutamakan pada penyajian presentasi yang menarilc, kegiatan kelompok yang mengaktifkan siswa dan pemberian reward.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)