Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Organizational Citizenship Behavior terhadap kinerja karyawan pada PT. Telkom Indonesia Witel Jakarta Timur. Organizational Citizenship Behavior memiliki 3 dimensi pada penelitian ini yaitu loyalitas, kepatuhan, dan partisipasi sebagai variabel independen, serta kinerja karyawan sebagai variabel dependen. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 89 orang karyawan unit access dari populasi yang berjumlah 114 orang karyawan yang ada pada unit access tersebut. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah convenience sampling yang termasuk ke dalam nonprobability sampling. Perangkat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif masing-masing variabel yang diteliti, dan diakhiri dengan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian dari uji regresi menunjukkan bahwa ketiga dimensi dari Organizational Citizenship Behavior yaitu loyalitas, kepatuhan, dan partisipasi yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kinerja yaitu dimensi partisipasi. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara ketiga dimensi OCB yaitu loyalitas, kepatuhan, dan partisipasi secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja di PT. Telkom Indonesia Witel Jakarta Timur. |