Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor fundamental (PriceEarnings Ratio, Return on Equity, Price Book to Value, Earning Per Share, dan Net Profit Margin) terhadap harga saham pada industri consumer goods. Penelitian ini menggunakan lima jenis variabel independen yang diduga memiliki pengaruh terhadap harga saham yaitu PER, ROE, PBV, EPS, dan NPM. Untuk menguji variabel-variabel independen (PER, ROE, PBV, EPS, dan NPM) terhadap variabel dependen (harga saham), penelitian ini mengambil sampel perusahaan consumer goods yang secara konsisten menerbitkan saham dan laporan keuangan secara lengkap di BEI. Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistic yang mencakup uji asumsi klasik (uji normalitas, uji autokorelasi atau Durbin-Watson, uji multikolinearitas dan uji homoskedastisitas) dan uji hipotesis (uji t-statistik dan uji F-statistik). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROE,PBV, dan EPS terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap harga saham pada industri consumer goods yang terdaftar di BEI. Hasil lain menunjukan bahwa variabel PER dan NPM berpengaruh secara positif dan tidak signifikan terhadap harga saham pada industri consumer goods yang terdaftar di BEI. |