Rumah Sakit Amarta merupakan salah satu rumah sakit privat yang dikelola dengan tujuan profit dan pelayanan kesehatan bagi pasien. Selama ini dalam menilai kinerjanya, Rumah Sakit Amarta hanya berfokus pada keuangan dan standar pengukuran jasa pelayanan kesehatan nasional. Hal tersebut dirasakan masih belum cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Rumah Sakit Amartaapabila menggunakan balanced scorecard. Dengan menggunakan balanced scorecard diharapkan dapat memberikan hasil secara menyeluruh mengenai kinerja Rumah Sakit Amarta. Tidak hanya perspektif keuangan saja yang diperhatikan, namun perspektif non keuangan juga turut diperhatikan. Penelitian dilakukan dengan mengambil data selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2011-2013. Berdasarkan hasil analisis kinerja menggunakan balanced scorecard, secara keseluruhan kinerja Rumah Sakit Amarta cukup baik. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, karyawan merasa cukup puas bekerja di Rumah Sakit Amarta. Pada perspektif proses bisnis internal, Rumah Sakit Amarta sudah cukup baik, namun ada beberapa hal yang masih belum ideal. Pada perspektif pelanggan, Rumah Sakit Amarta dinilai baik dan memuaskan. Terakhir, dalam perspektif keuangan, Rumah Sakit Amarta secara keseluruhan mengalami peningkatan laba dari tahun 2011 sampai 2013. Secara keseluruhan perspektif-perspektif balanced scorecard pada Rumah Sakit Amarta memiliki hubungan sebab akibat yang penulis rangkum dalam peta strategi balanced scorecard. |