Berkembangnya zaman yang semakin modern, perekonomian di Indonesia telah tumbuh cukup pesat. Terlihat dengan perekonomian yang semakin maju, maka semakin meningkat pula kegiatan di bidang industri jasa, khususnya jasa transportasi taksi Express. Semakin banyak industri jasa transportasi taksi menimbulkan persaingan yang cukup ketat. Perusahaan harus mampu bertahan dalam persaingan yang cukup ketat itu. Hanya perusahaan dengan komitmen yang sangat “kuat” saja yang serius membangun merek sehingga nilai produk atau jasa yang dimiliki akan memiliki nilai reputasi yang baik, dan memiliki nilai lebih dimata pelanggan, nilai tersebut adalah ekuitas merek (brand equity). Dimana brand equity tersebut memiliki dimensi-dimensi yang memberperan penting untuk memberikan nilai yang besar bagi brand equity, yaitu: brand awareness, brand associations, percieved quality dan brand loyalty. Merek yang prestisius memiliki ekuitas merek yang tinggi. Dengan demikian merek memegang peran yang amat penting bagi perusahaan, mengingat ekuitas merek yang kuat memunculkan banyak keuntungan bagi perusahaan salah satunya yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan. Variabel utama penelitian adalah kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat (dependent variable), dan brand equity sebagai variabel bebas (independent variable), dimana brand awareness sebagai X1, brand associations sebagai X2, percieved quality sebagai X3 dan brand loyalty sebagai X4. Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu ingin melihat pengaruh brand awareness terhadap kepuasan pelanggan taksi Express, melihat pengaruh brand associations terhadap kepuasan pelanggan taksi Express, melihat pengaruh percieved quality terhadap kepuasan pelanggan taksi Express, dan melihat pengaruh brand loyalty terhadap kepuasan pelanggan taksi Express. Dengan jumlah sampel penelitian adalah 84 pelanggan taksi Express di lingkungan kampus UNIKA Atma Jaya Semanggi, yang diukur menggunakan skala Likert. Adapun metode yang digunakan untuk penarikan sampel adalah multi stage random sampling, dengan teknik analisis data statistik nonparametrik, yaitu analisis Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat brand awareness pada taksi Express sudah baik, dan hasil analisis penelitian berdasarkan mean rank, dapat diketahui terdapat perbedaan nyata pada brand awareness dan dapat disimpulkan bahwa brand awareness sukses atau berhasil untuk memberikan pengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. Kemudian untuk tingkat brand associations pada taksi Express sudah cukup baik, dan hasil analisis penelitian berdasarkan mean rank, dapat diketahui terdapat perbedaan nyata pada brand associations dan dapat disimpulkan bahwa brand associations sukses atau berhasil untuk memberikan pengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. Untuk tingkat percieved quality pada taksi Express juga cukup baik, dan hasil analisis penelitian berdasarkan mean rank, dapat diketahui terdapat perbedaan nyata pada percieved quality dan dapat disimpulkan bahwa percieved quality sukses atau berhasil untuk memberikan pengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. Terakhir untuk tingkat brand loyalty pada taksi Express juga sudah cukup baik, dan hasil analisis penelitian berdasarkan mean rank, dapat diketahui terdapat perbedaan nyata pada brand loyalty dan dapat disimpulkan bahwa brand loyalty sukses atau berhasil untuk memberikan pengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. Begitu pula pada hasil penelitian tingkat kepuasan pelanggan pada taksi Express sudah cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan Express Group diharapkan dapat mempertahankan item-item pada dimensi brand equity yang sudah baik dan memperbaiki setiap item yang kurang baik dan juga memperhatikan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan pelayanan di semua lini. |